Minggu, 21 Maret 2010

MANFAAT MADU, ROYAL JELLY, BEE POLLEN DAN PROPOLIS

“ MANFAAT MADU “
"………… Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan." (QS. An-Nahl: 68-69)
Sebagaimana firman Allah dalam Al Quran, diatas bahwa madu adalah "obat bagi manusia". Fakta ilmiah ini telah dibenarkan oleh para ilmuwan yang bertemu pada Konferensi Apikultur Sedunia (World Apiculture Conference) yang diselenggarakan pada tanggal 20-26 September 1993 di Cina. Konferensi tersebut membahas pengobatan dengan menggunakan ramuan yang berasal dari madu. Para ilmuwan Amerika mengatakan bahwa madu, royal jelly, serbuk sari, dan propolis dapat mengobati berbagai penyakit. Seorang dokter Rumania mengatakan bahwa ia mengujikan madu untuk pengobatan pasien katarak, dan 2002 dari 2094 pasiennya sembuh total. Para dokter Polandia juga menyatakan dalam konferensi tersebut bahwa resin lebah dapat membantu penyembuhan banyak penyakit seperti wasir, masalah kulit, penyakit ginekologis, dan berbagai penyakit lainnya.
Madu tersusun atas beberapa senyawa gula seperti glukosa dan fruktosa serta sejumlah mineral seperti magnesium, kalium, kalsium, natrium, klor, belerang, besi, dan fosfat. Madu juga mengandung vitamin B1, B2, C, B6 dan B3 yang komposisinya berubah-ubah sesuai dengan kualitas nektar dan serbuk sari. Di samping itu, dalam madu terdapat pula sejumlah kecil tembaga, yodium, dan seng, serta beberapa jenis hormon. Kandungan gizi utama madu adalah aneka senyawa karbohidrat seperti gula fruktosa (41,0%), glukosa (35%), sukrosa (1,9%), dan dekstrin (1,5%). Karbohidrat madu ikut menambah pasokan sebagian energi yang diperlukan balita. Kadar protein dalam madu relatif kecil, sekitar 2,6%. Namun kandungan asam aminonya cukup beragam, baik asam amino esensial maupun non-esensial. Asam amino tersebut turut pula memasok sebagian keperluan protein tubuh balita.
Manfaat madu secara rinci dapat dijelaskan di bawah ini:
1. Mudah dicerna: Karena molekul gula pada madu dapat berubah menjadi gula lain (misalnya fruktosa menjadi glukosa), madu mudah dicerna oleh perut yang paling sensitif sekalipun, walau memiliki kandungan asam yang tinggi. Madu membantu ginjal dan usus untuk berfungsi lebih baik.
2. Rendah kalori: Kualitas madu lain adalah, jika dibandingkan dengan jumlah gula yang sama, kandungan kalori madu 40% lebih rendah. Walau memberi energi yang besar, madu tidak menambah berat badan.
3. Berdifusi lebih cepat melalui darah: Jika dicampur dengan air hangat, madu dapat berdifusi ke dalam darah dalam waktu tujuh menit. Molekul gula bebasnya membuat otak berfungsi lebih baik karena otak merupakan pengonsumsi gula terbesar.
4. Membantu pembentukan darah: Madu menyediakan banyak energi yang dibutuhkan tubuh untuk pembentukan darah. Lebih jauh lagi, ia membantu pembersihan darah. Madu berpengaruh positif dalam mengatur dan membantu peredaran darah. Madu juga berfungsi sebagai pelindung terhadap masalah pembuluh kapiler dan arteriosklerosis.
5. Membunuh bakteri: Sifat madu yang membunuh bakteri disebut "efek inhibisi". Penelitian tentang madu menunjukkan bahwa sifat ini meningkat dua kali lipat bila diencerkan dengan air. Madu dalam konsentrasi 30% hingga 50% fungsinya jauh lebih baik dari obat antibiotik.
a. Madu kental menghentikan pertumbuhan bakteri Candida alba.
b. Madu yang mengencer hingga 40% menjadi bersifat bacteridal (pembunuh bakteri), sehingga mampu berperan sebagai anti bakteri dan anti jamur.
c. Madu ampuh melawan Salmonela shigela, E. Coli dan Vibrio cholera penyebab penyakit kolera dapat mengobati yang telah merenggut jutaan penduduk dunia.
d. Madu luka infeksi setelah operasi, borok, obat untuk terapi pasca operasi pasien kanker vulva, luka jahitan dan pencangkokan kulit.
e. Madu memperpendek masa hidup bakteri diare pada balita.
f. Sebagai obat luka, madu mampu menyerap air pada luka, sehingga mencegah infeksi dan memperbaiki jaringan dengan cepat.
g. Konsumsi madu secara teratur memperkuat sel darah putih untuk melawan bakteri dan penyakit yang diakibatkan oleh virus.
6. Madu mengatasi rasa pusing. Minum campuran madu dan juice jeruk dapat menyembuhkan sakit kepala karena sinus.
7. Madu dapat mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan pencernaan dan merupakan obat pencahar yang ringan. Madu yang dicampur bubuk kayu manis dapat mengobati sakit perut. Juga dapat membersihkan perut, serta menyembuhkan bisul sampai ke akar-akarnya.Penelitian yang dilakukan di India dan Jepang menyatakan bahwa madu yang diminum bersama kayu manis dapat mengurangi gas dalam perut.
8. Madu mengatasi gangguan pernapasan, terutama untuk mengusir dahak atau cairan yang menyumbat saluran pernapasan. Pilek ringan dan berat dapat disembuhkan dengan 1 sendok makan madu suam-suam kuku dan ¼ sendok teh bubuk kayu manis setiap hari selama 3 hari. Ramuan ini dapat menyembuhkan hampir semua batuk dan pilek kronis serta membersihkan sinus. Madu bisa menghilangkan gejala asma jika dikonsumsi dalam bentuk jus bersama bubuk lada hitam dan jahe.
9. Madu adalah disinfektan ringan, sehingga mampu menyembuhkan radang tenggorokan. Cairan manis ini juga bisa meningkatkan produksi saliva atau cairan ludah yang dapat membantu mengatasi tenggorokan yang kering atau teriritasi. Para penyanyi opera memanfaatkan madu untuk memelihara kondisi tenggorokan mereka agar bisa menyanyi dengan kualitas suara yang prima.
10. Penderita diabetes juga aman mengonsumsi madu, di bawah pengawasan dokter.
Hampir semua orang tahu manfaat madu bagi kesehatan. Madu murni bahkan aman bagi penderita diabetes melitus. Kandungan fruktosa yang tinggi dalam madu membantu merangsang produksi insulin alami bagi diabetesi. Prof. Dr.Aznan Lelo, Sp.FK, PhD, ahli produk perlebahan dari Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara, menilai bahwa madu dapat dijadikan sebagai gula pengganti yang aman dan efektif bagi diabetesi. Kalaupun terjadi kasus gula darah meningkat setelah minum madu, bisa jadi itu bukan madu murni. Meski terbukti menekan laju gula darah dan mampu merangsang insulin secara alami, diabetesi harus tetap berhati-hati saat mengkonsumsi madu. Seringkali yang terjadi adalah penggunaan produk madu yang tidak murni. Artinya, madu telah dicampur dengan gula atau air yang dapat mengurangi khasiat sebenarnya.
11. Campuran madu dan jus wortel bermanfaat untuk penglihatan dan baik untuk mereka yang sering berlama-lama bekerja di hadapan komputer.
12. Madu bisa mengurangi berat badan dan membersihkan darah.
Minum segelas air yang direbus bersama madu dan bubuk kayu manis setiap pagi ½ jam sebelum sarapan atau saat perut masih kosong. Bila dilakukan secara teratur dapat mengurangi berat badan, bahkan bagi orang yang sangat gemuk, minum ramuan ini secara teratur akan mencegah lemak terakumulasi dalam tubuh, meski tetap makan makanan kalori tinggi.
13. Mereka yang paling panjang umurnya selalu mengonsumsi madu secara teratur. Suatu fakta yang menarik lainnya adalah peternak lebah terhindar dari kanker dan penyempitan pembuluh darah.
14. Juice pepaya dicampur madu berkhasiat bagi pertumbuhan anak, ibu hamil dan memperlancar air susu ibu.
15. Campuran air kelapa dan madu berkhasiat meniadakan akibat buruk dari gairah seks yang berlebihan.
16. Campuran madu, jamu dan telur mempercepatkan proses penyembuhan luka dalam perut atau rahim setelah melahirkan.
17. Madu dapat mengobati luka terbakar, kulit yang terkena cipratan minyak panas, air panas atau knalpot motor.
18. Madu bermanfaat bagi wanita yang sulit hamil dan menambah kesuburan pria dan wanita.
Pengobatan Yunani dan Ayurveda telah menggunakan madu selama bertahun-tahun untuk memperkuat semen (air mani = sperma) para pria. Dua sendok makan madu yang diminum secara teratur sebelum tidur akan berefek menyuburkan. Wanita Jepang, Cina dan Asia Timur yang sulit hamil dan ingin memperkuat rahim, lazim mengkonsumsi bubuk kayu manis sejak berabad-abad lalu. Wanita yang sulit hamil sebaiknya sesering mungkin mengoleskan madu dan sesendok teh bubuk kayu manis pada gusinya. Kayu manis akan bercampur dengan air ludah dan memasuki tubuh. Ada pasangan suami istri dari Maryland tidak memiliki keturunan selama 14 tahun dan nyaris putus asa. Ketika mengetahui khasiat kayu manis dan madu, mereka mengkonsumsi ramuan tersebut. Sang istri mulai mengandung dan melahirkan bayi kembar.
19. Madu bermanfaat mengatasi infeksi kandung kemih
Campurkan 2 sendok makan bubuk kayu manis dan 1 sendok teh madu ke dalam segelas air suam-suam kuku. Setelah itu diminum. Ramuan ini membunuh kuman-kuman dalam kandung kemih.
20. Kadar kolesterol darah dapat diturunkan dengan 2 sendok makan madu dan 3 sendok teh bubuk kayu manis yang dicampur dalam 16 ounce (16 kali 28 gram kira kira 1 pon = 454 gram) air teh. Ramuan ini dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah sampai 10 persen dalam 2 jam. Madu murni yang diminum sehari-hari meringankan gangguan kolesterol.
21. Madu dapat mengurangi Arthritis (radang sendi / Encok)
Ambil 1 bagian madu dan 2 bagian air suam-suam kuku. Tambahkan 1 sendok teh kecil bubuk kayu manis. Campur madu, air suam-suam kuku dan bubuk kayu manis. Pijat ke bagian yang sakit secara perlahan. Rasa sakit akan berkurang dalam waktu 1-2 menit. Atau penderita arthritis dapat minum 1 cangkir air panas dengan 2 sendok madu dan 1 sendok teh kecil bubuk kayu manis setiap hari, pagi dan malam. Bila diminum teratur, ramuan ini dapat mengobati penyakit arthritis kronis. Penelitian terakhir Copenhagen University menggunakan campuran 1 sendok makan madu dan ½ sendok teh bubuk kayu manis yang diberikan kepada pasien sebelum sarapan. Hasilnya dalam seminggu 73 dari 200 pasien yang diobati sembuh total. Kebanyakan pasien yang tidak dapat berjalan atau bergerak karena arthritis dapat berjalan tanpa rasa sakit.
22. Penyakit jantung
Oleskan madu dan bubuk kayu manis pada roti pada waktu sarapan setiap harinya. Madu dan kayu manis mengurangi kolesterol dalam pembuluh arteri, dan mengurangi resiko serangan jantung. Orang yang sudah terkena serangan jantung bila mengkonsumsi madu dan kayu manis setiap hari dapat terhindar dari serangan jantung kedua. Konsumsi madu dan kayu manis secara teratur dapat memperlancar pernapasan dan memperkuat detak jantung. Panti Wredha (jompo) di Amerika dan Kanada, berhasil mengobati penghuninya yang memiliki gangguan pembuluh darah karena tersumbat, dan berkurang fleksibilitasnya karena usia, dengan ramuan tersebut.
23. Madu Untuk Anak-Anak
a. Madu yang dioleskan pada gusi bayi adalah obat penenang dan anestesia yang aman bagi bayi pada masa pertumbuhan giginya.
b. Madu baik untuk anak-anak karena berfungsi sebagai desinfektan, memperbaiki susunan darah, meningkatkan kadar haemoglobin dan menambah nafsu makan
c. Madu yang bersifat penenang (sedatif) berguna untuk mengatasi ngompol pada anak-anak, disamping membuat tidur lebih nyenyak.
d. Madu bermanfaat untuk mengobati cacingan.
e. Madu mengobati batuk, pilek dan demam pada anak-anak.
24. Madu Untuk Kecantikan
a. Madu adalah antioksidan yang mampu memperbaiki keindahan kulit, melembutkan dan membuat awet muda.
b. Madu melembutkan bibir, melembapkan dan mencegah bibir mengering atau pecah-pecah.
c. Madu bisa menghilangkan jerawat.
Oleskan 3 sendok makan madu dan 1 sendok teh bubuk kayu manis pada wajah sebelum tidur. Basuh keesokan harinya dengan air hangat. Bila dilakukan rutin setiap hari selama 2 minggu, akan menyembuhkan jerawat sampai ke akar-akarnya.
d. Madu menghilangkan noda dan flek hitam di wajah dan mencegah keriput.
Teh yang dicampur madu dan bubuk kayu manis dan diminum tiap hari dapat mencegah penuaan. Ambil 4 sendok madu, 1 sendok bubuk kayu manis dan 3 cangkir air kemudian rebus seperti mem-buat teh. Minumlah sebanyak 4 kali sehari. Ramuan ini membuat kulit segar dan halus serta mencegah penuaan. Harapan hidup juga bertambah.
e. Madu menambah kesuburan rambut.
Orang yang mengalami kerontokan rambut atau kebotakan dapat memakai campuran minyak Zaitun panas, 1 sendok makan madu dan 1 sendok teh bubuk kayu manis sebelum mandi. Oleskan di kepala dan diamkan selama kira-kira 15 menit setelah itu baru dibasuh. Penelitian itu juga membuktikan ramuan yang didiamkan dikepala selama 5 menit pun tetap efektif.



























“MANFAAT BEE POLLEN”

Bee Pollen mengandung zat gizi yaitu:
• Zat Hidrat Arang
• Protein (dalam bentuk asam amino esensial)
• Asam lemak esensial
• Vitamin
• Mineral
• Enzym
• Hormon-hormon yang dibutuhkan tubuh untuk proses regenerasi sel-sel jaringan.
Dengan komposisi zat gizi yang seperti di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa Bee Pollen sangat cocok sebagai makanan kesehatan terutama yang tujuannya untuk menguatkan sel-sel jaringan tubuh agar tidak mudah rusak akibat proses metabolisme pembakaran yang menghasilkan ENERGI.

Manfaat Bee Pollen
Karena memiliki khasiat sebagai pembangunan sel, penguat diri, maka kegunaan dari konsumsi Bee Pollen menjadi sangat penting bagi perawatan kesehatan, optimalisasi stamina tubuh (tidak mudah lelah) dan meningkatnya daya tahan tubuh secara keseluruhan, baik terhadap bibit penyakit maupun terhadap tekanan fisik dan psikis (kejiwaan).
Manfaat Bee Pollen bagi orang sehat antara lain:
1. Mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan anak, terutama sel jaringan otak.
2. Penambahan gizi bagi wanita hamil dan menyusui.
3. Meningkatkan daya berpikir dan daya konsentrasi baik untuk anak, remaja, usia sekolah dan dewasa.
4. Meningkatkan stamina tubuh bagi para penggemar olah raga, untuk mencapai prestasi tertinggi.
5. Meningkatkan daya kekebalan tubuh terhadap berbagai serangan bibit penyakit.
6. Sebagai stabilisator sistem metabolisme tubuh.
7. Mempertahankan dan memelihara sistem reproduksi baik pria maupun wanita.
Manfaat Bee Pollen bagi orang yang sakit menjadi sebagai pemulih dari berbagai kelainan yaitu antara lain:
1. Pemulihan keletihan, fisik maupun psikis.
2. Menanggulangi masalah nafsu makan yang hilang akibat berbagai penyakit.
3. Menanggulangi kekurangan gizi.
4. Menghambat terjadinya proses penuaan (degenerasi) yang dini.
5. Menanggulangi berbagai kendala yang berhubungan dengan kelainan jantung.
6. Membantu masalah pada pembuluh darah (penyempitan dan kelenturan).
7. Menanggulangi masalah darah (kurang darah/anemia).
8. Membantu memulihkan gangguan sistem pencernaan (termasuk diare kronis,
sulit buang air besar, infeksi usus).
9. Membantu kurangnya daya penglihatan akibat kekurangan gizi.
10. Gangguan persendian.
11. Masalah lain seperti kelainan kulit yang disebabkan kekurangan zat gizi.




















“MANFAAT ROYAL JELLY”
Royal Jelly atau susu ratu adalah makanan khusus bagi ratu lebah. Berbeda dengan tiga produk lebah lainnya yaitu Madu, Propolis dan Pollen, Royal Jelly bukan produk tanaman yang dikumpulkan dan dimondifikasi oleh lebah. Royal Jelly secara khusus diproduksi oleh lebah pekerja perawat dari pollen dan nectar yang dihirupnya, kemudian di sekresikan dari gandula khusus di kepala lebah.
Di dalam sarang lebah Royal Jelly dipakai untuk memberikan makanan kepada seluruh larva yang ada di dalam lebah selama tiga hari saja, selanjutnya hanya larva yang akan menjadi ratu yang terus diberi makan Royal Jelly sepanjang hidupnya. Karena makanan yang berbeda ini (ratu makan Royal Jelly sedangkan lebah lain makan Madu dan Pollen), maka ratu lebah berusia sangat panjang dibandingkan dengan lebah umumnya. Apabila lebih biasa umurnya hanya berkisar 7 sampai 8 minggu, maka lebah ratu usianya berkisar antara 5 sampai 7 tahun (35 – 50 kali lebih panjang usianya dibandingkan lebah biasa).

MANFAAT ROYAL JELLY
1. Sebagai anti-penuaan, yang dapat membantu memperpanjang rentang hidup.
2. Sebagai antioksidan tinggi (Protein yang terdapat dalam royal jelly memiliki aktifitas antioksidan yang tinggi).
3. Menjaga keremajaan kulit (10-HDA yang terdapat dalam royal jelly dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam sel kulit. Kolagen merupakan protein yang terdapat pada kulit, yang bertugas untuk mempertahankan keremajaan dan kelenturan kulit sehingga tidak mudah keriput).
4. Meningkatkan daya ingat serta menjaga kesehatan otak.
 Kandungan asetilkolin dalam royal jelly dapat membantu meningkatkan daya ingat, sangat bermanfaat bagi mereka yang lanjut usia ataupun yang menderita penyakit Alzheimer (pikun).
 Dapat membantu melindungi sistem saraf sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit syaraf yang umum terjadi pada orang-orang usia lanjut seperti penyakit Parkinson.
5. Memiliki manfaat anti-bakteri dan anti-jamur (kandungan protein royalisin-nya)
6. Membantu memperbaiki sistem reproduksi
Kemampuan ratu lebah yang bertelur hingga 2,000 per hari dibandingkan lebah betina lain yang tidak menghasilkan telur, yang dikarenakan ratu lebah mengonsumsi royal jelly seumur hidupnya, membuat para ilmuwan melakukan beberapa penelitian terbukti bahwa royal jelly dapat membantu memperbaiki sistem reproduksi pada wanita yang mana dapat meningkatkan kesuburan.
7. Membantu mencegah osteoporosis
 Para ilmuwan menemukan bahwa mengonsumsi royal jelly dapat mengurangi risiko terjadinya keropos pada tulang. Hal ini disebabkan karena royal jelly membantu meningkatkan kemampuan tulang dalam menyerap kalsium.
 Royal jelly juga dapat menstimulasi pembentukan tulang serta membantu mengurangi resiko terjadinya osteoporosis akibat menurunnya kepadatan tulang.

1. Royal Jelly Untuk Kecantikan
Untuk kecantikan, royal jelly dapat dioleskan ke wajah untuk membantu mengatasi jerawat, mengurangi vlek-vlek hitam, menghilangkan kuman dan untuk kecantikan kulit. Royal jelly juga membantu memberikan nutrisi bagi kulit. Caranya adalah dengan menambahkan sedikit air pada royal jelly, kemudian dioleskan perlahan-lahan pada wajah. Kurang lebih satu jam kemudian baru dibersihkan dan tidak perlu menggunakan kosmetika lain menjelang tidur.
2. Royal Jelly Untuk Masalah Kewanitaan
Wanita yang sedang memasuki masa menopause pada umumnya akan merasakan gangguan sering gelisah, sakit kepala dan kerongkongan, nyeri tulang belakang, bahkan frustasi. Dengan mengkonsumsi royal jelly, ia akan kembali bersemangat, tidur lebih nyenyak dan kehidupan rumah tangga menjadi harmonis kembali.
3. Royal Jelly Untuk Masalah Pria
Royal jelly merangsang kelenjar suprarenals yang mengeluarkan hormon cortin yang berfungsi untuk memperlancar metabolisme karbohidrat. Dengan mengkonsumsi royal jelly fungsi kelelakian akan lebih baik.
4. Royal Jelly Untuk Masalah Anak-anak
Royal jelly dapat membantu mengatasi masalah kekurangan zat gizi pada anak. Royal jelly juga dapat membantu memulihkan kondisi kesehatan bayi-bayi prematur agar bisa merasakan hidup sehat sebagaimana anak-anak lainnya.
Selain itu karena di dalam royal jelly terdapat suatu asam yang dikenal dengan 10-HDA, royal jelly dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

“MANFAAT PROPOLIS LEBAH”
Bagi manusia, propolis lebah bisa dimanfaatkan untuk memberi perlindungan bagi tubuh, dimana produk ini dapat mengaktifkan kelenjar timus yang berfungsi sebagai sistem imunitas tubuh, menghalangi infeksi virus, jamur, dan parasit lainnya ke dalam tubuh.
Selain itu, fungsi bagi kesehatan kita adalah: bersifat sebagai antiseptik, antibiotik, antijamur, antiradang, dan bermanfaat sebagai detoksifikasi. Penelitian ilmiah membuktikan propolis efektif melawan bakteri patogen seperti Staphylococcus sp. (penyebab infeksi saluran kencing), Clostridium sp. (penyebab gangguan pencernaan), Corynebacterium diphtheriae (penyebab dipteri), Streptococcus sp. (penyebab infeksi tenggorokan dan sinus), Klebsiella pneumonia (penyebab pneumonia dan bronchitis), dan Pseudomonas sp. (penyebab infeksi pada luka).

Manfaat propolis dapat membantu mengatasi penyakit berikut dibawah :
Batuk, asma, bronchitis, paru-paru, sinusitis, flu, demam, sakit kepala
Kanker, tumor, gangguan jantung, ginjal, hati dan diabetes
Luka benda tajam, luka terbakar (Infeksi)
Darah tinggi, darah rendah
Infeksi kewanitaan
Hepatitis/ liver
Herpes, penyakit kulit serta penyakit jamur
Asam urat, rematik
Jerawat, bisul
Radiasi
Infeksi kulit, telinga, dan gigi
Stres, Parkinson
Wasir, ambeien
Gangguan pencernaan, maag

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

BAGIKAN